Perangsang Akar Tanaman Alami
Perangsang Akar Tanaman Alami

Mudah Didapat, Inilah Deretan Perangsang Akar Tanaman Alami!

Diposting pada

Perangsang Akar Tanaman AlamiBawang merah sudah sejak lama dikenal sebagai perangsang akar tanaman alami terbaik. Tetapi sebenarnya tidak hanya bawang merah saja. Ternyata ada cukup banyak bahan alami lain juga sangat efektif. 

Pastinya bukan tanpa alasan kenapa bawang merah sering dimanfaatkan untuk merangsang akar tanaman. Hal ini dikarenakan bawang merah mengandung ZPT auxin dan rhizokalin. Dua zat inilah yang dapat merangsang pertumbuhan akar tanaman.

Di samping itu, bawang merah juga mengandung vitamin B1 (thiamin) dan allicin. Keduanya memiliki kemampuan untuk mendorong pertumbuhan tunas. Namun selain bawang merah ternyata ada 5 bahan alami yang sama efektifnya jika digunakan sebagai perangsang akar tanaman alami. Apa saja itu?

Urine Hewan 

Tahukah Kamu jika urine hewan seperti halnya sapi, kerbau, kambing, kelinci, dan lain-lain sangat bagus untuk mendorong pertumbuhan akar tanaman. Hal ini pun sudah dibuktikan dari beberapa hasil penelitian. 

Salah satu contohnya adalah hasil penelitian yang menunjukkan jika urine sapi mengandung ZPT yang baik. Sementara itu untuk urine kambing mengandung auksin dan lainnya yang memang sangat dibutuhkan oleh tanaman.

Air Kelapa

Ternyata air kelapa adalah salah satu perangsang akar tanaman alami terbaik. Pasalnya air kelapa ini bisa membantu pertumbuhan akar tanaman menjadi lebih cepat. Ini pun sudah dibuktikan dari berbagai hasil penelitian.

Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan oleh Marpaung, AE dan Hutabarat, RC pada tanaman tin. Bahkan dikatakan juga jika menyiram air kelapa pada tanaman bisa mempercepat tanaman bertunas. Selain itu juga bobot basah akar yang tinggi.

Baca Juga:  Cara Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Cabe Rahasia Petani

Hal ini dikarenakan air kelapa mengandung hormon sitokinin, auksin, dan juga giberelin. Tidak hanya itu saja, air kelapa juga mengandung senyawa yang dibutuhkan tanaman. Maka dari itu, bisa Kamu gunakan untuk memacu pertumbuhan tunas atau akar pada semua jenis tanaman.

Baca juga : Jarak Tanaman Cabe Rawit

Ekstrak Bawang Putih 

Bawang putih juga bisa dimanfaatkan sebagai perangsang akar tanaman secara alami. Salah satunya seringkali digunakan pada stek batang tanaman mawar. Cara penggunaannya pun sangat mudah. 

Kamu tinggal merendam ujung batang tanaman yang Kamu stek di ekstrak bawang putih selama dua jam. Setelah itu, akar ditanam ke dalam media tanam. Kemudian lakukan pemeliharaan selama dua bulan. 

Beberapa hasil penelitian pun sudah menunjukkan jika ekstrak bawang putih memiliki pengaruh besar terhadap pertumbuhan akar stek bawang mawar tersebut. Nah, tidak ada salahnya untuk Kamu coba pada jenis tanaman lain. 

Ekstrak Taoge 

Ekstrak taoge juga dikenal sebagai alternatif ZPT lainnya. Artinya sangat memungkinkan untuk dijadikan sebagai perangsang akar tanaman alami. Hal ini dikarenakan taoge mengandung auxin yang besar. Selain itu juga menjadi alternatif pengganti vitamin B1.

Cara menggunakan ekstrak taoge untuk perangsang akar tanaman pun sangat mudah. Pertama-tama haluskan 600 gram taoge. Kemudian campur dengan 1-liter air. Lalu simpan 1 jam – 2 jam.

Setelah itu, saring untuk ambil airnya. Terakhir, semprotkan atau siram pada tanaman. Sementara itu untuk ampasnya bisa Kamu gunakan untuk pupuk organik.

Ekstrak Tomat

Ekstrak tomat juga dikenal sebagai obat perangsang akar dari tanaman terbaik yang mengandung berbagai mineral. Selain itu, komposisi kimiawi pada buah tomat ini juga mengandung ZPT. 

Misalnya saja seperti auksin. Seperti yang diketahui jika auksin ini berfungsi untuk merangsang perpanjangan sel pada daerah titik tumbuh.

Baca Juga:  Cara Budidaya Bawang Merah 2 Bulan Sudah Panen

Nah, itulah beberapa bahan alami perangsang akar tanaman yang bisa Kamu pilih. Sekarang Kamu tinggal pilih salah satu dari lima perangsang akar tanaman alami di atas.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.