cara merawat rambut diwarnai
cara merawat rambut diwarnai

5 Cara Merawat Rambut Diwarnai Yang Wajib Diperhatikan

Diposting pada

Cara Merawat Rambut Diwarnai – Memiliki rambut berwarna tentu saja membuat penampilan jadi lebih menarik. Look dapat berubah dengan sentuhan baru lewat warna rambut yang berbeda. Namun, memiliki rambut diwarnai tentulah harus dirawat. Lewat cara merawat rambut diwarnai berikut, mari bersama menjaga kesehatan rambut dan ketahanan warna:

5 Cara Merawat Rambut Diwarnai Yang Wajib Diperhatikan

1. Pakai Sampo dan Kondisioner Khusus

Mewarnai rambut berarti mengubah warna asli rambut menjadi warna apapun sesuai keinginan. Pewarnaan rambut tersebut melibatkan zat kimia yang ada dalam cat rambut. Oleh karena itu, penggunaan sampo dan kondisioner haruslah sesuai agar tidak merusak cat bahkan rambut itu sendiri.

Sampo atau kondisioner khusus rambut berwarna banyak dijual di market place, baik online maupun offline. Pilih salah satu jenis yang sesuai dengan keinginan. Apapun merk yang dipilih, usahakan sampo dan kondisioner memiliki kandungan yang melembutkan helai rambut dan tidak merusak cat.

2. Jangan Keramas Terlalu Sering

Keramas untuk rambut alami saja tidak disarankan untuk dilakukan terlalu sering, apalagi keramas untuk rambut diwarnai. Idealnya keramas dilakukan tiap dua hari sekali untuk mencegah menghilangnya minyak alami rambut. Apabila minyak alami itu menghilang, rambut akan menjadi kering dan kusam juga mudah bercabang.

Baca juga : Fashion Dian Pelangi

Untuk itu, rambut diwarnai malah harus mengurangi keramas. Cukup lakukan keramas dalam tiga hari sekali. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelembutan rambut juga tekstur warnanya. Pada saat keramas, gunakan air dingin dan jangan gunakan air hangat. Temperatur air hangat dapat merusak warna rambut dan memudahkannya.

Baca Juga:  5 Fashion Hijab Untuk Orang Gemuk Dan Pendek, Bikin PD

3. Berikan Vitamin untuk Rambut

Meski frekuensi keramas dikurangi, bukan berarti pemilik rambut berwarna membiarkan rambutnya bau, kusut, dan tidak terawat. Selain menggunakan sampo dan kondisioner yang khusus, rambut juga perlu diberi vitamin. Pemberian vitamin ditujukan agar rambut terjaga sehat, halus, dan tidak bau.

Vitamin rambut tidak berbahaya untuk warna cat rambut jadi boleh digunakan cukup sering. Gunakan vitamin rambut setiap hari setelah membersihkan rambut. Selain memakai vitamin rambut, berikan juga masker rambut jika perlu agar rambut terjaga ekstra. Kedua benda ini bisa ditemukan secara mudah di mana pun.

4. Hindari Penggunaan Alat Penata Rambut Listrik

Alat penata rambut listrik seringkali digunakan untuk membantu merawat rambut, terlebih jika dalam keadaan mendesak atau buru buru. Namun, dalam cara merawat rambut diwarnai, alat penata rambut seperti hair dryer atau catok tidak digunakan. Kedua alat penata rambut listrik tersebut hanya akan merusak rambut.

Baca juga : Fashion Hijab Untuk Orang Kurus Tinggi

Panas dari kedua alat tersebut dapat merusak cat rambut bahkan menghilangkannya. Apabila memang terdesak menggunakan hairdryer, gunakan dalam angka panas paling rendah. Penggunaan juga harus dalam jarak aman, jangan terlalu dekat dengan rambut. Untuk catok sendiri, jangan coba coba gunakan.

5. Lakukan Perawatan Rambut Secara Rutin

Langkah terakhir adalah melakukan perawatan. Rambut berwarna alami saja perlu dirawat dengan baik, apalagi rambut berwarna yang memang membutuhkan perlakuan ekstra. Jaga kesehatan, kelembutan, dan warna rambut dengan perawatan yang pantas.

Melakukan perawatan bisa di rumah atau di salon. Bawa rambut untuk perawatan ke salon selama beberapa bulan sekali.  Memanjakan rambut dengan perlakuan khusus agar warna rambut tetap terjaga. Selain itu, perawatan rambut juga membuat kualitas rambut tidak berubah bahkan mengubahnya menjadi lebih baik.

Baca Juga:  Inilah 5 Urutan Pemakaian Make Up Sehari Hari Dengan Benar

Itulah sedikit tips tentang cara merawat rambut diwarnai. Seperti yang sudah ditegaskan berulang kali, memiliki rambut yang berwarna buatan membutuhkan treatment yang lebih ekstra. Hal itu semata mata agar rambut dijaga tetap sehat serta menjaga kualitas warna rambut. Jadi, rambut akan jadi lebih menarik dan menambah nilai plus dalam penampilan.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.