Cara Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Cabe
Cara Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Cabe

Cara Mempercepat Pertumbuhan Tanaman Cabe Rahasia Petani

Diposting pada

Cara Mempercepat Pertumbuhan Tanaman CabeTahukah Anda jika ternyata ada cara mempercepat pertumbuhan tanaman cabe. Sebenarnya cara ini sudah umum dipraktikkan oleh para petani cabe di Indonesia. Artinya tidak ada salahnya untuk ikut menirunya. 

Siapa tahu dengan ikut mempraktikkan cara yang biasa dilakukan petani cabe ini, tanaman cabe Anda menjadi tumbuh lebih cepat. Sehingga waktu panennya pun bisa lebih dipersingkat. 

Berita baiknya adalah ternyata tidak sulit untuk meniru cara mempercepat pertumbuhan tanaman cabe yang sudah umum dipraktikkan oleh para petani cabe. Jika memang demikian, lalu seperti apa caranya? 

Gunakan Lampu Tumbuh Tanaman

Untuk mempercepat pertumbuhan tanaman cabai, ada baiknya untuk menggunakan lampu tumbuh tanaman atau growing light. Terlebih lagi jika menanam benih cabai di dalam ruangan.

Apalagi kini lampu tumbuh semakin mudah ditemukan di pasaran. Dengan lampu tumbuh LED yang lebih kecil dan tenang, bisa membantu tanaman cabe tumbuh lebih cepat dan kuat dari benihnya. 

Lakukan Pemupukan Secara Teratur

Cara mempercepat pertumbuhan pada tanaman cabe yang kedua adalah melakukan pemupukan secara teratur. Pasalnya tanpa nutrisi yang tepat, tanaman cabai seringnya tumbuh lambat. Selain itu juga bisa menimbulkan masalah. 

Baca juga : Budidaya Tanaman Jahe

Contohnya saja seperti daun menguning, daun keriting, perkembangan akar yang tidak tepat, hingga pertumbuhan kerdil. Dalam hal ini disarankan untuk pupuk dengan jumlah nitrogen yang lebih banyak selama pertumbuhan tanaman cabe yang lebih muda.

Baca Juga:  Jarak Tanaman Cabe Rawit Tepat, Tanaman Subur dan Lebat Buahnya

Pertimbangkan untuk Memangkas Tanaman Cabe Sejak Dini

Ada baiknya Anda melakukan pemangkasan tanaman cabe sejak usia 1,5 hingga 2 bulan. Tindakan ini bisa mendorong tanaman cabai menjadi lebih lebat. 

Selain itu, tindakan pemangkasan ini juga bisa membantu tanaman cabai tumbuh lebih kuat. Tunas baru akan semakin banyak yang tumbuh dan bunganya pun akan semakin banyak. 

Ganti Pot Tanaman Cabe pada Saat yang Tepat

Cara mempercepat pertumbuhan tanaman cabe berikutnya adalah melakukan pergantian pot di saat yang tepat. Transplantasi atau penggantian pot pada tanaman cabai ini penting sekali karena untuk memberi ruang tanaman untuk terus tumbuh.

Misalnya jika menanam benih cabe dalam sel benih kecil (1 inci x 1 inci), ada baiknya benih dipindahkan ke pot yang lebih besar saat usia 3-4 minggu setelah bertunas. Saat Anda melakukan transplantasi, sistem akar seharusnya hanya mencapai bagian bawah pot saja. Nah, transplantasi pada waktu yang tepat bisa memastikan jika sistem akar tidak pernah dibatasi oleh ukuran pot.

Baca juga : Cara Budidaya Bawang Merah

Ada Baiknya untuk Menggunakan Pot yang Lebih Besar

Cara mempercepat pertumbuhan tanaman cabe selanjutnya adalah menggunakan pot yang lebih besar. Alasannya jika tanaman cabai di pot kecil, maka ukuran tanaman akan lebih kecil juga. 

Kondisi ini disebabkan sistem akar kehabisan ruang untuk berkembang. Kemudian daun tanaman cabe pun mengikutinya. Nah, untuk ukuran pot yang dibutuhkan tanaman cabai sangat bervariasi dari satu varietas ke varietas lainnya. 

Meskipun demikian, yang paling ideal adalah tanaman cabe di tanam pada pot yang berikutan besar. 

Tanam Cabe di Bawah Sinar Matahari Penuh

Jika tanaman cabe dirasa sudah siap untuk diletakkan di luar ruangan, pastikan pilih lokasi dengan sinar matahari sebanyak mungkin. Sebab tanaman cabe akan tumbuh lebih cepat selama hari-hari cerah. 

Baca Juga:  Cara Budidaya Bawang Merah 2 Bulan Sudah Panen

Nah, jika Anda menanam cabe di pot, pastikan menempatkan pot jauh dari bangunan tinggi seperti rumah, semak-semak, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa trik yang bisa Anda coba saat ingin menanam cabe. Semoga ulasan tentang cara mempercepat pertumbuhan tanaman cabe ini bisa sedikit membantu Anda semua. 

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.