Cara Budidaya Bawang Merah
Cara Budidaya Bawang Merah

Cara Budidaya Bawang Merah 2 Bulan Sudah Panen

Diposting pada

Cara Budidaya Bawang MerahCara budidaya bawang merah sebenarnya tidak sesulit yang banyak orang bayangkan. Bahkan untuk Anda yang masih pemula sekalipun sebenarnya bisa mempraktikkannya. Bahkan dua bulan sudah bisa panen. 

Bawang merah bisa dikatakan sebagai salah satu tanaman yang sangat mudah untuk dibudidayakan. Meskipun mudah, namun ada beberapa hal yang penting untuk dicatat dan diperhatikan. 

Nah, untuk Anda yang ingin budidaya bawang merah sendiri di rumah, berikut ini adalah cara budidaya bawang merah yang bisa Anda praktikkan. Dijamin dalam jangka waktu dua bulan sudah bisa panen. 

Siapkan Polybag dan Media Tanam

Untuk Anda yang ingin mencoba budidaya bawang merah sendiri, menyiapkan polybag dan media tanam adalah langkah pertama yang harus dilakukan. Dalam hal ini Anda bisa menyiapkan polybag ukuran 25 cm. Selanjutnya, masukkan media tanam ke dalam polybag. 

Untuk media tanaman yang Anda gunakan adalah campuran dari tanah, sekam, pupuk kandang, dan arang kayu. Buat perbandingan 2:1:1:1. Jangan lupa beri sedikit pupuk TSP setelah polybag diisi media tanam. 

Tujuannya adalah untuk merangsang pertumbuhan akar. Beri pupuk TSP kira-kira 15-20 granular. Yang terakhir jangan lupa Anda siram media tanam yang sudah dimasukkan ke polybag sampai basah.

Baca juga : Perangsang Akar Tanaman Alami

Penanaman Bawang Merah 

Proses budidaya selanjutnya adalah penanaman. Sangat disarankan untuk memilih bawang merah yang sudah lama. Dalam hal ini direkomendasikan kurang lebih 2-3 bulan.

Ingat, sebelum Anda melakukan penanaman, jangan lupa untuk memotong bawang merah menjadi dua bagian. Disarankan untuk melakukan pemotongan jadi sepertiga bagian, bukan setengah. 

Dalam hal ini bagian atas bawang merah Anda singkirkan. Setelah itu pilih bagian bawahnya saja. Tujuan utama dari pemotongan ini adalah untuk mempercepat pertumbuhan. 

Kemudian setelah bawang merah Anda potong langsung saja tanam ke media tanam. Nah, untuk satu polybag berukuran 25 cm idealnya ditanam 2 buah potongan bawang merah. perhatikan untuk menanam di bagian tengah media tanam. 

Selanjutnya Anda diamkan selama kurang lebih 8 hari hingga muncul kecambah. Setelah itu, jangan lupa untuk menyiramkan air secukupnya sehari sekali. Ingat untuk meletakkan polybag berisi bawang merah tadi di tempat yang terbuka. Sehingga bisa mendapatkan pancaran sinar matahari.

Cara Menyiram Bawang Merah

Cara budidaya bawang merah berikutnya adalah memperhatikan saat proses penyiraman. Dalam hal ini siram dengan air secukupnya sekitar 240 ml pada tanaman bawang merah yang berusia 8 hari. 

Ingat untuk tidak berlebihan saat menyiramnya. Menyiram secara berlebihan justru berpotensi terjadi pembusukan. Disarankan untuk melakukan penyiraman sehari sekali hingga panen. 

Baca juga : Jarak Tanaman Cabe Rawit

Cara Memberikan Pupuk

Cara budidaya bawang merah berikutnya adalah waktu yang tepat untuk memberikan pupuk. Disarankan pemberian pupuk dilakukan saat bawang merah berusia 15 hari. Kemudian jenis pupuk yang direkomendasikan adalah pupuk NPK 16-16-16 dengan cara dikocorkan maupun disiram. 

Nah, seperti ini cara memberikan pupuk pada tanaman bawang merah:

  1. Campurkan satu sendok makan pupuk NPK 16-16-16 dengan tiga liter air. Setelah itu larutkan sampai tercampur merata. 
  2. Selanjutnya siramkan setengah gelas minum (120 ml) ke satu polybag bawang merah. 

Selain Anda menggunakan pupuk NPK 16-16-16, saat usia bawang merah 15 hari Anda juga bisa memberi pupuk kandang atau kompos. Setiap satu polybag bawang merah bisa diberi satu genggam pupuk kandang atau kompos tadi. 

Setelah itu jangan lupa untuk menyiramnya dengan sedikit air. Kemudian lakukan pemupukan kembali pada saat usianya mencapai 30 dan 45 hari. Untuk yang usia 30 hari, cara pemupukannya sama seperti usia 15 hari. Namun saat usia 45 hari, lakukan kombinasi antara pupuk NPK dan pupuk kandang atau kompos.

Setelah bawang merah berusia 62, Anda sudah bisa memanennya. Bagaimana, sangat gampang kan cara budidaya bawang merah sendiri di rumah dengan menggunakan media polybag.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.